Senin, 04 September 2017

Ngeri! Tembus 12 KM, Lubang Buatan Terdalam di Dunia Ditemukan

Ngeri! Tembus 12 KM, Lubang Buatan Terdalam di Dunia Ditemukan

Baca Juga


Sebuah tutup besi yang berkarat ditemukan dan menguak sebuah fakta mengerikan di dalamnya.
Terdapat sebuah lubang buatan yang diklaim sebagai lubang butan terdalam di muka bumi.
Dikenal dengan nama Kola Superdeep Borehole, lubang dengan diameter kurang dari 23 sentimeter di Murmansk, Rusia ini mencapai kedalaman 12 kilometer ke kerak bumi.
Dilansir dari Sciencealert, peneliti mengungkapkan bahwa ukuran tersebut ternyata lebih dalam dari samudera dan merupakan lubang terdalam yang pernah digali oleh manusia di bumi.
Dan yang lebih mengejutkan lagi bahwa lubang tersebut sama sekali tidak ada hubungannya dengan penambangan minyak dan murni untuk ilmu pengetahuan.

Kisah Kola Superdeep Borehole dimulai pada tahun 1960-an ketika Amerika Serikat dan Uni Soviet terlibat perang dingin dan berlomba-lomba berinovasi teknologi.
Salah satu yang mereka terus kembangkan selain perjalanan ke luar angkasa adalah bersaing untuk menggali lubang terdalam di dunia.
Pembutan lubang terdalam ini semata-mata dilakukan hanya untuk mengetahui isi dari inti bumi.
"Karena fakta yang ada saat ini adalah kita sama sekali tiak tahu apa yang sebenarnya ada di bawah bumi yang kita pijak," tutur Hank Green, scientist yang turut mengulas temuan ini.
Setelah penggalian selama 24 tahun tersebut, ternyata para ilmuwan tidak mendapatkan hasil yang mereka inginkan.
Hingga akhirnya pada tahun 1994 mereka menghentikan penggalian dan hanya sampai sedalam 12 kilometer saja.
Salah satunya adalah bukti bahwa penggalian lubang terdalam pada saat itu sudah menggunakan alat dan teknologi yang terbilang canggih.
Ada lagi fakta yang terungkap di mana ternyata sumber air masih ditemukan pada kedalaman 12 kilometer. Padahal banyak yang ilmuwan yang meragukan hal teresbut.
Para ilmuwan juga menemukan fosil-fosil berukuran mikroskopik dari 24 spesies organisme pada saat penggalian mencapai 7 kilometer.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Related Posts

Ngeri! Tembus 12 KM, Lubang Buatan Terdalam di Dunia Ditemukan
4/ 5
Oleh